Saat menginap atau liburan di hotel, adabeberapa etika sebagai tamu yang harus Anda ikuti. Salah satunya dengan berlakusopan kepada pelayan hotel. Mungkin sebagian orang menganggap pekerjaan merekatidak terlalu penting. Tapi, pelayan hotel memikul tugas yang cukup berat.Memberi sedikit apresiasi dengan berlaku sopan, bisa menjadi penghargaanterbesar untuk mereka. Pelayan hotel tidak diperbolehkan mengeluh kepada tamuhotel, dan diwajibkan selalu berlaku sopan. Berikut 7 Keluhan Pelayan Hotelyang Harus Kita Ketahui, yaitu :
1. Kami Tidak Mau Membangunkan Anda DenganMengetuk Pintu Kamar di Pagi Hari, Tapi Kami Harus Melakukannya
Rata-rata, seorang pelayan hotel harusmembersihkan 13 sampai 15 kamar per harinya, bahkan bisa lebih. Mereka harusselesai membersihkan semuanya dalam waktu empat jam. Jadi meskipun Anda telahberpesan kepada resepsionis hotel agar tidak ada yang mengganggu saat tidur,pelayan harus tetap mengetuk pintu untuk masuk dan membersihkan kamar.
2. Pekerjaan Kami Paling Berbahaya di HotelIni
Menurut Unite Here, serikat pekerja di Amerikadan Kanda, pelayan hotel berisiko mengalami kecelakaan 50 persen lebih tinggidibandingkan staf hotel lainnya. Sebuah survey yang dilakukan kepada lebih dari600 pelayan hotel di Amerika dan Kanada mengungkap bahwa 91 persen-nyamenderita sakit karena bekerja. "Yang paling buruk adalah mengangkattempat tidur. Membuat punggung Saya sangat sakit. Rekan kerja saya yang lainsetiap hari mengeluh sakit pada kaki, lutut dan tangan," ujar Lisa, salahsatu pelayan hotel di Long Beach, California, yang membersihkan 22 sampai 30kamar sehari. Pekerjaan mereka sudah cukup berat setiap hari, dan mereka pastilebih mengharapkan senyum ramah dari pengunjung hotel dibandingkan wajah angkuhdan tak bersahabat.
3. Kami Sangat Senang Jika Anda Memberikan Tip
Memberikan tip merupakan sebuah apresiasipengunjung pada pelayan hotel. Jika Anda ingin memberi tip, jangan diletakkanterbuka di atas meja tanpa catatan apapun. Pelayan hotel tak akan beranimengambilnya karena mereka tidak yakin apakah itu uang tip untuknya atau uangpengujung yang tertinggal. "Selipkan uang tip di bawah bantal, itu biasanyatanda bahwa uang itu diberikan untuk pelayan," tambah Lisa. Namunkebiasaan setiap hotel di tiap negara bisa saja berbeda, jadi akan lebih baikjika Anda menyertakan tip bersama catatan.
4. Kami Mendengar Dan Melihat Semuanya
Pelayan hotel memang diwajibkan ramah kepadasetiap tamu hotel yang datang menginap, tapi mereka bisa mengamati saat moodtamu tidak baik atau tindakan kasar dari tamu. Seburuk dan sekasar apapunperlakuan tamu, pelayan hotel harus bersabar sebisa mungkin. "Saat kamimengetuk pintu dan tamu tersebut tidak mau kami masuk, kadang mereka mengumpatdan memaki. Saya coba tidak mengambilnya secara personal, tapi itu (mengumpat)bukan sesuatu yang bisa kami tahan terus sepanjang hari," ungkap salahsatu pelayan hotel yang tak mau disebut namanya. Saat menginap di hotel,cobalah untuk berlaku sopan kepada pelayan hotel. Bagaimanapun juga, merekaadalah manusia yang memiliki hati. Mereka tidak perlu perlakuan buruk dari Andasetelah lelah bekerja seharian.
5. Kami Tidak Ingin Mempersulit Anda MencariBarang-barang Anda
Jika Anda tipe orang yang suka membiarkanbarang kepunyaan Anda menumpuk di lantai, jangan kaget jika setelah kembali kekamar Anda akan menemui barang-barang Anda tertata rapi di lemari atau laci.Sudah menjadi prosedur tetap bagi pelayan hotel untuk merapikan baju-baju yangtercecer di lantai. Namun ada baiknya jika Anda meringankan pekerjaannya denganmenaruh barang pribadi Anda pada tempatnya. Ingat, hotel adalah tempat umum,bukan rumah pribadi.
6. Sudah Tugas Kami Untuk Membersihkan KamarAnda, Tapi Kadang Kekacauan Yang Anda Buat di Luar Tugas Kami
Ada tamu hotel yang suka kerapihan, tapi adajuga yang tidak peduli dengan kebersihan. Terkadang ada tamu yang membiarkanbotol minuman atau bungkus makanan berserakan. Belum lagi minuman soda yangmeninggalkan noda karena tumpah, juga sisa makanan berserakan di lantai.Membersihkan kamar memang tugas mereka, tapi merapikan sisa pesta yangberserakan, itu di luar tugas mereka. Jika Anda mengadakan pesta atau berkumpuldi kamar hotel, sebaiknya bereskan sendiri sisa atau sampah makanan/minumanagar pekerjaan pelayan hotel tidak bertambah berat.
7. Jika Anda Akan Keluar Hotel Hari Itu,Pelayan Hotel Harus Membersihkannya Lebih Awal Untuk Ditempati Tamu Baru
Mereka juga harus tahu apakah Anda akan pergisesuai jadwal atau menambah hari menginap," jelas Lara Weiss, managingdirector salah satu hotel mewah. Mungkin Anda akan merasa terganggu denganpelayan yang mengetuk dan masuk, tapi coba bersabar dan mengerti bahwa merekahanya melakukan tugasnya.